Senin, 28 April 2008

Suatu Senja..


Entah... tiba-tiba tekenang losari ketika duduk di tepiannya, memandang lurus ke Selat Makassar, pada angin mammirinya, kilau keemasan riaknya, tepat pada senja hari, saat surya perlahan menyelam di laut lepas.
Atau ketika aku berdiri terpana kagum dari atas benteng Gotanaha, di sebuah senja. Pada lingkaran keemasan , turun tidak terburu-buru, cahayanya memantul keemasan tepat diatas Danau Limboto.
Juga senja di kampung halaman, ketika burung pulang ke sarang, dari atas bukit kuburan. Selalu ada kagum pada saat terbenam matahari, menyusup di sela pegunungan nun jauh.
Atau di Laut Jawa, dari atas buritan kapal motor, tasbih mengantar ment
ari menemui peraduannya.
Selalu sama. tak pernah kehabisan kagum pada pesona senja kala. Tapi tak hanya itu, bukan hanya keindahannya, senja selalu hadir dengan getaran gelombang aura yang aneh. Menyusup perlahan merambat halus di dinding-dinding perasaan, bening, jujur, kadang sendu.
Entahlah...senja sering kali tiba-tiba menghadirkan kerinduan pada orang-orang tercinta, pada sahabat yang jauh, pada kenangan indah masa lalu. Seperti senja ini entah kerinduan itu untuk siapa..?
Senja kala tak jarang menjelma menjadi momen kontemplasi yang khusyuk, me
mberi ruang instrokspeksi yang lapang, seolah cermin yang tempat berkaca diri.
Maka, senja tetaplah sebuah misteri. Momen bagi para pencinta membesarkan romantismenya, seniman menemukan inspirasinya, sastrawan tak pernah selesai membahasakannya, puisi pun selalu indah menuturkannya.
Senja kala selalu berulang, selalu sama di mana saja, indah dan penuh hikmah. Setiap hari ia mengingatkan kita, bahwa pada waktunya kita semua juga akan kembali... ada saat untuk pulang...
Lalu aku terkenang, pada sebuah tembang bugis yang bersenandung tentang kerinduan kala senja menjelang...

Labuni essoe

turunni uddanie

wettunnani massenge

ri tau mabelae...


Saat senja menjelang

hadirlah kerinduan

ketika terkenang

pada orang-orang terkasih jauh nian...

Suatu senja di Ambon, 27 April 2008

Tidak ada komentar: